TUGAS MATA KULIAH
Perkembangan Peserta Didik
A. Jelaskan apa yang dimaksud dengan :
1. Pertumbuhan
2. Perkembangan
3. Kematangan
§ Pertumbuhan :
Pertumbuhan adalah Perubahan alamiah secara kuantitatif pada segi jasmaniah / fisik dan menunjukkan kepada suatu fungsi tertentu yang baru dari organisme/ individu.
Pertumbuhan ( Growth ) adalah berkaitan dangan masalah perubahan dalam besar, jumlah ukuran atau dimensi tingkat sel, organ maupun individu, yang bisa diukur dengan ukuran berat ( gram, pound ) ukuran panjang ( cm, inchi ), umur tulang dan keseimbangan metabolik ( retensi kalsium dan nitrogen tubuh).
Pertumbuhan ( Growth ) adalah berkaitan dangan masalah perubahan dalam besar, jumlah ukuran atau dimensi tingkat sel, organ maupun individu, yang bisa diukur dengan ukuran berat ( gram, pound ) ukuran panjang ( cm, inchi ), umur tulang dan keseimbangan metabolik ( retensi kalsium dan nitrogen tubuh).
Contoh : Bertambah tinggi, bertambah berat badan dan tumbuhnya kelenjar-kelenjar sex.
§ Perkembangan :
Perkembangan ( Development ) adalah bertambahnya kemampuan (skill) dalam struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam pola yang teratur dan dapat diramalkan, sebagai hasil dari proses pematangan. Perkembangan menyangkut adaanya proses difrensiasi dari sel-sel tubuh, jaringan tubuh, organ-organ dan sistem organ yang berkembang sedemikian rupa sehingga masing-masing dapat memenuhi fungsinya. Termasuk perkemabngan emosi, intelektual dan tingkah laku sebagai hasil interaksi dengan lingkungan.
Perkembangan disini di artikan sebagai perubahan yang dialami oleh individu atau oganisme menuju tingkat kedewasaannya (matury) yang berlangsung secara sistematis, progresif, dan berkesinambungan baik fisik maupun psikis.
Pertumbuhan dan perkembangan berjalan menurut norma-norma tertentu, walaupun demikian seorang anak dalam banyak hal tergantung kepada orang dewasa misalnya mengenai makanan, perawatan, bimbingan, perasaan aman, pencegahan penyakit dsb. Oleh karena itu semua orang yang mendapat tugas untuk mengawasi anak harus mengerti persoalan anak yang sedang tumbuh dan berkembang.
§ Kematangan :
Kematangan atau masa peka menunjukkan kepada suatu masa tertentu yang merupakan titik kulminasi (titik puncak) dari suatu fase pertumbuhan sebagai titik tolak kesiapan dari suatu fungsi untuk menjalankan fungsinya. (Hurlock, 1956).
B. Perkembangan individu secara sistematis, progresif dan berkesinambungan. Jelaskan apa artinya?
§ Secara sistematis
Sistematis adalah bahwa perubahan dalam perkembangan itu bersifat saling kebergantungan atau saling mempengaruhi antara satu bagian dengan bagian lainnya, baik fisik maupun psikis dan merupakan satu kesatuan yang harmonis. Contoh : kemampuan berbicara seseorang akan sejalan dengan kematangan dalam perkembangan intelektual atau kognitifnya. Kemampuan berjalan seseorang akan seiring dengan kesiapan otot-otot kaki. Begitu juga ketertarikan seorang remaja terhadap jenis kelamin lain akan seiring dengan kematangan organ-organ seksualnya.
§ Secara progresif
Progresif berarti perubahan yang terjadi bersifat maju, meningkat dan meluas, baik secara kuantitatif (fisik) mapun kualitatif (psikis). Contoh : perubahan proporsi dan ukuran fisik (dari pendek menjadi tinggi dan dari kecil menjadi besar); perubahan pengetahuan dan keterampilan dari sederhana sampai kepada yang kompleks (mulai dari mengenal huruf sampai dengan kemampuan membaca buku).
§ Secara berkesinambungan
Berkesinambungan artinya bahwa perubahan pada bagian atau fungsi organisme itu berlangsung secara beraturan atau berurutan. Contoh : untuk dapat berdiri, seorang anak terlebih dahulu harus menguasai tahapan perkembangan sebelumnya yaitu kemampuan duduk dan merangkak.
C. Apakah semua orang harus melalui fase/tahap perkembangan yang sama?
Saya rasa semua orang melalui fase yang sama, hanya saja waktunya ada yang lebih cepat dan ada pula yang lambat. Dan fase itu berlangsung lama.
D. Apa yang di maksud dengan masa peka? Jelaskan Implikasinya terhadap pendidikan!
§ Masa peka adalah masa yang dialami seseorang, baik dalam perkembangan aspek emosinya maupun karena pengaruh kelenjar tubuhnya, misal masa menjelang menstruasi atau menopause dan saat ketika anak sangat mudah menerima rangsangan untuk tumbuh berkembang secara cepat
E. Perlukah seorang pendidik memahami perkembangan peserta didiknya?
§ Saya rasa Perlu, seorang pendidik perlu memahami perkembangan peserta didiknya karena dalam proses pembelajaran itu disesuaikan dengan masa dimana peserta didik sedang berkembang, misalnya seoarang anak yang menginjak pendidikan SD dan anak yang menginjak pendidikan SMP itu berbeda dalam hal penyampaikan materinya dan metode pembelajarannya. Sehingga seorang pendidik itu harus mampu mengetahui keadaan dan perkembangan anak didiknya.
0 komentar:
Posting Komentar
Terimakasih telah berkomentar di website kami