Iklan

Iklan
Advertorial
News Update :

Pembelajaran Sains Terintegrasi

Minggu, 05 Februari 2012


      Sebuah konsep yang dapat dianggap sebagai suatu pendekatan pembelajaran yang menghubungkan konsep-konsep dalam ilmu pengetahuan untuk memberikan pengalaman belajar menjadi bermakna kepada peserta didik.
Pendapat Para Ahli Tentang Pembelajaran terpadu

 Bersifat Menyeluruh
 Berpusat pada anak didik
 Memberikan pengalaman langsung kepada anan didik
 Pemisahan bidang studi tidak begitu jelas
 Menyajikan konsep dari berbagai bidang   studi
Hasil pembelajaran mendorong perkembangan minat dan kebutuhan anak.

MODEL-MODEL PEMBELAJARAN TERPADU
Fogarty, R (1991: 61-65)

-The Fragmented Model (Model fragmen)
-The Connected Model (Model Terhubung)
-The Nested Model ( Model Tersarang)
-The Sequenced Model (Model Terurut)
-The Shared Model (Model Terbagi)
-The Webbed Model (Model Jaring Laba-laba)
- The Threaded Model (Model Pasang Benang)
-The Integrated Model ( Model Integrasi)
-The Immersed Model ( Model Terbenam)
-The Networked Model ( Model Jaringan)

KELEBIHAN PEMBELARAN TERINTEGRASI
-  Pengalaman dan kegiatan belajar anak selalu relevan dengan tingkat perkembangan anak.
-    Kegiatan yang dipilih sesuai dengan minat dan kebutuhan anak.
-    Seluruh kegiatan lebih bermakna bagi anak, sehingga hasil belajar akan bertahan lebih lama.
-    Menumbuhkembangkan keterampilan sosial anak.

HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM PEMBELAJARAN TERINTEGRASI
Aspek Guru
-   Guru harus berwawasan luas,  memiliki kreativitas tinggi, rasa percaya diri yang tinggi, dan  mengembangkan materi.

Aspek peserta didik
-  Pembelajaran terpadu menuntut kemampuan belajar peserta didik yang relatif “baik”, baik dalam kemampuan akademik maupun kreativitasnya.

Aspek sarana dan sumber pembelajaran
-  Pembelajaran terpadu memerlukan bahan bacaan atau sumber informasi yang cukup banyak dan bervariasi, mungkin juga fasilitas internet.
Aspek kurikulum
Kurikulum harus luwes, berorientasi pada pencapaian ketuntasan pemahaman peserta didik (bukan pada pencapaian target penyampaian materi).

Aspek penilaian
- Pembelajaran terpadu membutuhkan cara penilaian yang menyeluruh (komprehensif), yaitu menetapkan keberhasilan belajar peserta didik dari beberapa bidang kajian terkait yang dipadukan.

Suasana pembelajaran
-  Guru berkecenderungan menekankan atau mengutamakan substansi gabungan tersebut sesuai dengan pemahaman, selera, dan latar belakang pendidikan guru itu sendi.


Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkomentar di website kami

 

© Copyright Berita Lamongan Terkini 2010 -2011 | Design by Kabarlamongan.com | Published by Nirwana Digital Print | Powered by Blogger.com.