Iklan

Iklan
Advertorial
News Update :

rpp ekonomi

Sabtu, 10 Oktober 2009

Sekolah :
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas /Semester : X/1
Standar Kompetensi : Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi
Kompetensi Dasar
1.1 Mengidentifikasi kebutuhan manusia
Indikator
Mendeskripsikan pengertian kebutuhan.
Mengidentifikasi bermacam-macam kebutuhan manusia
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit (2 pertemuan)
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi kebutuhan manusia
1. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat mendeskripsikan pengertian kebutuhan
b. Siswa dapat mengidentifikasi bermacam-macam kebutuhan manusia.
2. Materi Pembelajaran
a. Kebutuhan manusia
b. Pengertian kebutuhan
c. Macam-macam kebutuhan
3. Metode Pembelajaran
Tanya jawab
Presentasi multimedia
Demonstrasi
Modulasi
4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
a. Kegiatan awal Kegiatan Pembelajaran:
1) Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
2) Guru dengan apersepsi tentang kegiatan manusia sehari-hari dan kebutuhan yang dipenuhi oleh manusia setiap hari.
b. Kegiatan Inti
1) Siswa mengamati berbagai jenis kebutuhan yang terdapat di lingkungan sekolah.
2) Siswa mencari informasi tentang pengertiankebtuhan dengan memanfaatkan literatur
3) Siswa diajak untuk menentukan ciri-ciri dari masing-masing jenis-jenis kebutuhan yang telah ditemukan tersebut
4) Siswa mengidentifikasi berbagai macam jenis barang ke dalam kebutuhan
5) Siswa menulis data yang ditemukan berdasarkan hasil identifikasi ke dalam buku catatan.
6) Siswa secara bergilir memaparkan hasil temuan ke forum
c. Kegiatan Akhir
Siswa dan guru melakukan refleksi terkait dengan kebutuhan pelajar yang semakin banyak ditengah perkembangan jaman.
Pertemuan Kedua
a. Kegiatan awal Pembelajaran:
1) Guru membuka pelajaran dengan apersepsi tentang kegiatan manusia sehari-hari dan kebutuhan yang dipenuhi oleh manusia setiap hari.
2) Bertanya kepada siswa tentang penggolongan kebutuhan.
b. Kegiatan Inti
1) Siswa diajak untuk mengidentifikasi kebutuhan yang ada di dalam masyarakat melalui media masa lokal.
2) Siswa mengelompokkan macam-macam kebutuhan yang ditemukan ke dalam jenis-jenis kebutuhan
3) Siswa menentukan kebutuhan yang menjadi kebutuhan dominan masyarakat Sleman.
4) Siswa menulis data gambar berdasarkan hasil identifikasi.
c. Kegiatan Akhir
Siswa dan guru melakukan refleksi terkait dengan kebutuhan pelajar yang semakin banyak ditengah perkembangan jaman.
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkomentar di website kami

 

© Copyright Berita Lamongan Terkini 2010 -2011 | Design by Kabarlamongan.com | Published by Nirwana Digital Print | Powered by Blogger.com.