Iklan

Iklan
Advertorial
News Update :

RPP kelas 5

Selasa, 06 Oktober 2009

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

SD/MI:
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : V (Lima)/1 (Satu)
Standar Kompetensi: Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik
Indonesia(NKRI).
Kompetensi Dasar : Mendiskripsikan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Indikator:
1.1.1.Menjelaskan makna Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
1.1.2.Menjelaskan makna Bhinneka Tunggal Ika.
1.1.3.Menceritakan kesatuan wilayah negara Indonesia.
1.1.4.Menganalisis usaha-usaha untuk menjaga keutuhan Negara
Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
1.1.5.Menjelaskan tujuan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik
Indonesia (NKRI).
Alokasi Waktu: 4 x 35 menit (2x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran: Setelah selesai proses pembelajaran siswa mampu:
1.Menjelaskan makna Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
2.Menjelaskan makna Bhinneka Tunggal Ika.
3.Menceritakan kesatuan wilayah negara Indonesia.
4.Menyebutkan usaha-usaha menjaga keutuhan Negara Kesatuan
Republik Indonesia (NKRI).
5.Menjelaskan tujuan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik In-
donesia (NKRI).
Materi Pembelajaran: Menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Metode Pembelajaran
Pengamatan, diskusi, tanya jawab, penugasan, praktik.
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
1.Kegiatan Awal (10 menit)
a.Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai dalam proses
pembelajaran.
b.Siswa mengelompok menurut kelompok diskusi yang telah ditentukan.
c.Siswa menyiapkan bahan yang akan dipelajari bersama.
2.Kegiatan Inti (50 menit)
a.Siswa mencermati materi dalam buku yang berkaitan dengan menjaga keutuhan Negara
Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
b.Siswa mengerjakan tugas bersama-sama dengan kelompoknya.
c.Siswa menyiapkan hasil kerja kelompok dan menyampaikannya di depan kelas.
d.Siswa memerhatikan penjelasan yang disampaikan oleh guru.
e.Siswa membuat rangkuman.

PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Kelas V

3.Kegiatan Penutup (10 menit)
a.Menjelaskan makna Bhinneka Tunggal Ika!
b.Sebutkan usaha-usaha dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia!
c.Jelaskan tujuan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia!
Pertemuan II
1.Kegiatan Awal (10 menit)
a.Siswa memerhatikan penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai dalam kegiatan
pembelajaran.
b.Siswa mengelompok sesuai dengan kelompok diskusinya.
c.Siswa menyiapkan materi pelajaran yang akan dipelajari bersama.
2.Kegiatan Inti (50 menit)
a.Siswa melakukan kegiatan diskusi tentang usaha-usaha yang dapat dilakukan untuk menjaga
keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
b.Siswa berdiskusi tentang tujuan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia
(NKRI).
c.Siswa menyimpulkan hasil diskusi kelompok masing-masing.
d.Siswa memerhatikan penjelasan dari guru tentang hasil diskusi.
e.Siswa membuat kesimpulan hasil diskusi yang telah di bahas bersama-sama.
3.Kegiatan Akhir (10 menit)
a.Siswa menjawab pertanyaan tentang menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik
Indonesia (NKRI).
Misal :
1)Usaha-usaha apa saja yang dapat dilakukan untuk menjaga keutuhan NKRI?
2)Apa tujuan menjaga keutuhan NKRI?
b.Siswa mendapat tugas individu sebagai bahan pendalaman materi.
Alat/Sumber
Buku Pendidikan Kewarganegaraan. Penerbit Cempaka Putih.
Penilaian
Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan setelah akhir pertemuan II.
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkomentar di website kami

 

© Copyright Berita Lamongan Terkini 2010 -2011 | Design by Kabarlamongan.com | Published by Nirwana Digital Print | Powered by Blogger.com.